Minggu, 24 Februari 2013



This lesson plan is for Elementary School Teacher and Training in semester 4 which consists of 20 students

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
WEBLOGS


Mata Pelajaran                :     Bahasa Inggris
Semester                        :     4
Alokasi Waktu                  :     100 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran         :     Greeting and Introducing

A. Standar Kompetensi
    Menulis
Menulis makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat di dalam blog.
B.  Kompetensi Dasar
Membuat dialog yang melibatkan tindak tutur menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain dengan menggunakan blog yang sudah dibuat.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Kognitif Produk
·  Siswa dapat membuat dialog sederhana tentang menyapa orang lain
·  Siswa dapat membuat dialog sederhana tentang memperkenalkan diri sendiri
·  Siswa dapat membuat dialog sederhana tentang memperkenalkan orang lain
Kognitif Proses
·  Siswa dapat mengidentifikasi ekspresi yang digunakan untuk menyapa orang lain secara formal.
·  Siswa dapat mengidentifikasi ekspresi yang digunakan untuk menyapa orang lain secara informal.
·  Siswa dapat mengidentifikasi ekspresi yang digunakan untuk memperkenalakan diri sendiri.
·  Siswa dapat mengidentifikasi ekspresi yang digunakan utntuk memperkenalkan orang lain.
Afektif
·  Siswa dapat membuat dialog dengan benar.
·  Siswa dapat memberikan komentar kepada teman melalui blog.
Psikomotorik
·  Siswa dapat menggunakan blog sesuai untuk membuat dialog sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar.
D. Tujuan Pembelajaran
Kognitif Produk
·  Siswa dapat membuat dialog sederhana tentang menyapa orang lain dengan baik dan berterima
·  Siswa dapat membuat dialog sederhana tentang memperkenalkan diri sendiri dengan baik dan berterima
·  Siswa dapat membuat dialog sederhana tentang memperkenalkan orang lain dengan baik dan berterima
Kognitif Proses
·  Siswa dapat mengidentifikasi ekspresi yang digunakan untuk menyapa orang lain secara formal dengan lancar akurat dan berterima.
·  Siswa dapat mengidentifikasi ekspresi yang digunakan untuk menyapa orang lain secara informal dengan lancar akurat dan berterima.
·  Siswa dapat mengidentifikasi ekspresi yang digunakan untuk memperkenalakan diri sendiri dengan lancar akurat dan berterima.
·  Siswa dapat mengidentifikasi ekspresi yang digunakan utntuk memperkenalkan orang lain dengan lancar akurat dan berterima.
Afektif
·  Siswa dapat membuat dialog dengan benar.
·  Siswa dapat memberikan komentar kepada teman melalui blog.
Psikomotorik
·  Siswa dapat menggunakan blog sesuai untuk membuat dialog sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar.
E.  Materi Ajar
·  Greetings
·  Self Introduction
·  Introducing others
F.  Metode Pembelajaran
·  Weblog
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Time
Aktivities



20
·         Greeting
·         Giving illustration using blog
·         Explaining objectives and the steps of activities


70
·         Each student makes a blog then write informations that are necessary.
·         Each student makes a simlpe dialog which relates to the topic.
·         Each student gives comment to other friend in friend’s blog
·         Send the blog address to email nataliasepti@ymail.com
10
·         Summarizing the lesson today
·         Ending the class



















H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
·         Blog









1 komentar:

  1. is making dialogues an individual assignment,Sep? I think it'll be better if it's a group (2/3) work.

    misspelling: simple
    It'll be nicer if it's written more detailed ^_^
    what are done in the apperception, motivation, exploration, etc. Clear info about what to do in each step regarding the time allocation would be shown by doing so.

    Good luck ^^

    BalasHapus