This lesson plan is for Elementary School Teacher and Training in semester 4 which consists of 20 students
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
WEBLOGS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 4
Alokasi Waktu : 100 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Greeting and Introducing
A. Standar
Kompetensi
Menulis
Menulis makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat di
dalam blog.
B. Kompetensi Dasar
Membuat dialog yang melibatkan tindak tutur menyapa orang
yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain dengan
menggunakan blog yang sudah dibuat.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kognitif Produk
·
Siswa dapat membuat dialog sederhana tentang menyapa orang lain
·
Siswa dapat membuat dialog sederhana tentang memperkenalkan diri sendiri
·
Siswa dapat membuat dialog sederhana tentang memperkenalkan orang lain
Kognitif Proses
· Siswa dapat mengidentifikasi ekspresi yang digunakan
untuk menyapa orang lain secara formal.
· Siswa dapat mengidentifikasi ekspresi yang digunakan
untuk menyapa orang lain secara informal.
· Siswa dapat mengidentifikasi ekspresi yang digunakan
untuk memperkenalakan diri sendiri.
· Siswa dapat mengidentifikasi ekspresi yang digunakan
utntuk memperkenalkan orang lain.
Afektif
· Siswa dapat membuat dialog dengan benar.
· Siswa dapat memberikan komentar kepada teman melalui blog.
Psikomotorik
· Siswa dapat menggunakan blog sesuai untuk membuat dialog
sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar.
D. Tujuan
Pembelajaran
Kognitif Produk
·
Siswa dapat membuat dialog sederhana tentang menyapa orang lain dengan baik
dan berterima
·
Siswa dapat membuat dialog sederhana tentang memperkenalkan diri sendiri
dengan baik dan berterima
·
Siswa dapat membuat dialog sederhana tentang memperkenalkan orang lain
dengan baik dan berterima
Kognitif Proses
· Siswa dapat mengidentifikasi ekspresi yang digunakan
untuk menyapa orang lain secara formal dengan lancar akurat dan berterima.
· Siswa dapat mengidentifikasi ekspresi yang digunakan
untuk menyapa orang lain secara informal dengan lancar akurat dan berterima.
· Siswa dapat mengidentifikasi ekspresi yang digunakan
untuk memperkenalakan diri sendiri dengan lancar akurat dan berterima.
· Siswa dapat mengidentifikasi ekspresi yang digunakan
utntuk memperkenalkan orang lain dengan lancar akurat dan berterima.
Afektif
· Siswa dapat membuat dialog dengan benar.
· Siswa dapat memberikan komentar kepada teman melalui blog.
Psikomotorik
· Siswa dapat menggunakan blog sesuai untuk membuat dialog
sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar.
E. Materi
Ajar
· Greetings
· Self Introduction
· Introducing others
F. Metode Pembelajaran
· Weblog
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
|
Time
|
Aktivities
|
|
20
|
·
Greeting
·
Giving illustration using blog
·
Explaining objectives and the steps of activities
|
|
70
|
·
Each student makes a blog then write
informations that are necessary.
·
Each student makes a simlpe dialog which
relates to the topic.
·
Each student gives comment to other friend in
friend’s blog
·
Send the blog address to email
nataliasepti@ymail.com
|
|
10
|
·
Summarizing the lesson today
·
Ending the class
|
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
·
Blog
is making dialogues an individual assignment,Sep? I think it'll be better if it's a group (2/3) work.
BalasHapusmisspelling: simple
It'll be nicer if it's written more detailed ^_^
what are done in the apperception, motivation, exploration, etc. Clear info about what to do in each step regarding the time allocation would be shown by doing so.
Good luck ^^